Pentingnya Presentasi



Presentasi !!! adalah hal pokok dalam dunia sales ( penjualan ) karena dari presentasi ini maka Nasabah mengenal produk yang akan anda tawarkan.Hal pertama yang anda harus pastikan adalah Anda memiliki pengetahuan yang cukup mengenai produk tersebut di pasaran secara umum. Dan produk yang anda jual secara khusus, profil perusahaan anda dan pengetahuan pengetahuan umum lainnya yang berhubungan dengan produk yang anda tawarkan . seorang sales harus berwawasan luas, sehingga anda dapat meyakinkan nasabah.

Kedua, baru anda harus bisa memastikan diri anda memiliki ketrampilan mempresentasikan produk anda di hadapan calon Nasabah. Ketrampilan berpresentasi ini juga perlu didukung dengan kemampuan berkomunikasi  yang baik secara lisan maupun tertulis . selain itu  anda juga harus bisa memahami situasi yang sedang dialami oleh calon Nasabah dan punya kemampuan membaca keinginan calon nasabah.Jangan sampai terbaca anda terkesan memaksakan kehendak calon Nasabah.

Ketiga, Anda harus bisa membaca body language calon nasabah dan menyampaiakan body language anda pada nasabah dengan tepat. Jangan sampai perilaku atau perkataan anda menyinggung calon nasabah atau membuat nasabah tidak nyaman berada di dekat anda. Ingat!! Seorang Sales harus mampu membuat suasana Nyaman ketika berbicara dan mempresentasikan produk di depan calon nasabah.

Ke empat, Anda harus mempunyai kemampuan manajemen waktu yang baik. Usahakan selalu tepat waktu bila anda mempunyai janji dengan calon nasabah. Jangan pernah membuat Nasabah anda kesal karena jam karet yang anda ciptakan. Buat nasabah gembira  dengan mengharagai waktu yang telah di berikan kepada anda.

Kelima, bangun rasa tanggung jawab dan kepercayaan . Tunjukkan anda sales yang bisa dipercaya dan reliable, anda tidak menghilang begitu saja dan selalu siap membantu calon nasabah ketikan mereka membutuhkan anda. Ciptakan layanan after sales yang baik kendati Nasabah sudah membeli produk yang anda jual.

Terakhir. Anda harus harus menyampaikan informasi seakurat mungkin mengenai produk  yang anda tawarkan kepada  Calon Nasabah sejak awal dengan jelas sehingga  setelah waktu berjalan dan terjadi sesuatu, maka  tidak akan  terjadi kesalah pahaman . karena bila terjadi salah paham maka Nasabah anda akan kecewa dan bisa saya pastikan  nasabah akan lari dari hadapan anda

Sebagai seorang sales juga harus memperhatikan satu hal yang sangat penting disamping keenam hal diatas yaitu : menempatkan calon nasabah sebagai subject bukan sebagai object dengan lebih banyak mendengarkan dari pada berbicara. Sesuai dengan ungkapan “ Speaking is Sharing but listening is Caring” .

0 komentar:

Posting Komentar